4 Ranah Tujuan Pendidikan Jasmani

Dalam mencapai tujuan pendidikan jasmani, guru sebagaitenaga pendidik yang profesional harus mampu mengelolapembelajaran secara sistematis dan terkendali, sehingga tujuanpendidikan jasmani dapat tercapai. tujuan pendidikan jasmani terdiri dari empat ranah yaitu: 

  1. Ranah Jasmani, Pembelajaran jasmani memanfaatkan materi yangdidalamnya terdapat berbagai aktivitas jasmani. Saat siswabelajar pendidikan jasmani misalnya belajar permainan bolabasket, siswa tersebut berusaha akan saling kejar-mengejaruntuk merebut bola dan mencari tempat kosong, sehingga tanpadisadari siswa tersebut telah belajar kekuatan otot tungkai, dayatahan cardio vascular, kelentukan dan kelincahan. 
  2. Ranah psikomotorik, Melalui berbagai aktivitas jasmani yang terdapat dalampendidikan pendidikan jasmani, membuat siswa semakintermotivasi untuk belajar. Perencanaan dan pemilihan materipembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, mampumeningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga tanpa disadariakan berpengaruh terhadap keterampilan gerak, kelentukan,kecepatan dan lainya dari diri siswa. 
  3. Ranah kognitif, Keberagaman materi yang dimiliki oleh pendidikanjasmani, memberikan kesempatan dan peluang untuk siswauntuk berlatih dan menambah wawasan baru dalam duniapendidikan. Dengan adanya kesempatan belajar danbertambahnya wawasan siswa saat belajar pendidikan jasmani,tidak disangka akan berpengaruh terhadap pengetahuan,keterampilan intelektual dan kemampuan intelektual. 
  4. Ranah afektif, Semakin banyaknya waktu dan kesempatan siswa untukbelajar pendidikan jasmani, semakin banyak pula siswamendapatkan pengetahuan dan wawasan baru. Selain itu siswaakan lebih aktif dan mengambil nilai-nilai dari pembelajaranyang telah dilakukan seperti disiplin, tanggung jawab,menghargai diri dan aktualisasi diri.
4 Ranah Tujuan Pendidikan Jasmani

Load disqus comments

0 komentar