Ingin Berhasil Dalam Proses Pembelajaran? Perhatikan Faktor-faktor ini

Ingin Berhasil Dalam Proses Pembelajaran? Perhatikan faktor-faktor yangmendukung proses pembelajaran disekolah meliputi: 

1. Faktor pada diri orang yang belajar. 

  • Keadaan fisik yang sehat, segar, kuat akanmenguntungkan hasil belajar. 
  • Keadaan mental/psikologis yang bersifat sesaat(monental) maupun terus menerus yang sehat, segar,baik, besar pengaruhnya terhadap hasil belajar.Adapun fungsi-fungsi jiwa yang besar peranyadalam hubunganya dengan belajar adalah: ingatan,perhatian, minat, kecerdasan (intelegensi), motivasi,kemauan, pikiran. 
2. Faktor di luar diri orang yang belajar. 


  • Alam pisik iklim, sirkulasi udara, keadaan cuaca dansebagainya. 
  • Faktor sosial/psikologis, di sini faktor yang utamaadalah faktor guru/pembimbing yang mengarahkanserta membimbing kegiatan orang belajar serta yangmenjadi salah satu sumber materi belajar. 
  • Sarana (termasuk prasarana) baik fisik maupun nonfisik memainkan peranan penting dalam mencapaihasil belajar (gedung, kelas, perlengkapan,laboratorium, perpustakaan buku pelajaran, alat-alatperaga termasuk prasarana/sarana fisik); sedangsuasana yang paedagogis, tenang, gembira, amanadalah prasarana/sarana yang non-fisik.
Ingin Berhasil Dalam Proses Pembelajaran? Perhatikan Faktor-faktor ini

Faktor-faktor non-sosial 
Yang tergolong ke dalam faktor ini terdiri dari keadaanudara, suhu udara, cuaca, waktu (pagi, siang, sore atau malam), tempat (letak dan kondisinya), alat-alat yang dipakai dalambelajar dan lainya. Semua ini harus diperhatikan dandipersiapkan semaksimal mungkin, supaya apa digunakan dandibutuhkan dapat mendukung jalanya proses pembelajaran

Faktor-faktor sosial
Yang dimaksud dengan faktor sosial di sini adalahantar sesama manusia, baik secara langsung maupun tidaklangsung. Kehadiran seseorang yang tidak terlibat dalamproses pembelajaran disaat siswa sedang belajar, mampumemecah konsentrasi dan mengganggu jalanya prosespembelajaran. Oleh karena itu, hal-hal dalam faktor sosial iniharus diatur sebaik mungkin supaya dapat mendukung jalanyaproses pembelajaran.

Faktor-faktor fisiologis 
Dalam faktor fisiologis, masih dapat dibedakan lagimenjadi dua macam, yaitu:
  • Keadaan tonus jasmani pada umumnya.Keadaan tonus jasmani merupakan satu hal yangmelatar belakangi aktivitas belajar. Keadaan siswa yangsegar akan berdampak siswa senang mengikuti pelajaran,namun sebaliknya apabila keadaan siswa lelah akanberdampak negatif terhadap siswa. Dalam hal ini kebutuhannutrisi makanan harus diperhatikan. Selain itu, dengan adanya penyakit kronis yang diderita oleh beberapa siswadapat mempengaruhi siswa dalam mengikuti prosespembelajaran.
  • Keadaan fungsi-fungsi jasmani tertentu terutama fungsifungsi panca indera.Baik tidaknya keadaan panca indera merupakansyarat pembelajaran berlangsung dengan baik. Kebutuhanfungsi dari panca indera yang berperan penting dalampembelajaran di sekolah yaitu mata dan telinga. Oleh karenaitu, guru pendidikan jasmani harus menjaga kesehatanpanca indera siswanya, misalnya dengan melakukanpengecekan secara periodik dari pihak sekolah.
Faktor-faktor psikologis
Dalam dunia pendidikan, aspek psikologis memilikiperan dalam mendukung proses pembelajaran. Psikologisendiri merupakan ilmu yang mempelajari tingkah lakuorganisme yang hidup, terutama tingkah laku manusia.Tingkah laku yang dimaksud adalah seluruh kegiatan manusiayang kelihatan maupun tidak kelihatan, seperti berbicara,berpikir, bersikap, bereaksi dan lain-lainnya.



Load disqus comments

0 komentar