6 Fungsi Pendidikan Jasmani Yang Perlu di Ketahui

Pendidikan jasmani sebagai salah satu mata pelajaranyang harus diberikan kepada siswa dalam proses pembelajarandi sekolah, tentunya memiliki fungsi untuk memberikanperubahan terhadap aspek-aspek yang terdapat pada diri siswa.

1. Aspek organik 

  • Menjadikan fungsi sistem tubuh menjadi lebih baiksehingga individu dapat memenuhi tuntutanlingkungannya secara memadai serta memilikilandasan untuk pengembangan keterampilan. 
  • Meningkatkan kekuatan yaitu jumlah tenagamaksimum yang dikeluarkan oleh otot ataukelompok otot. 
  • Meningkatkan daya tahan yaitu kemampuan ototatau kelompok otot untuk menahan kerja dalamwaktu yang lama. 
  • Meningkatkan daya tahan kardiovaskuler,kapasitas individu untuk melakukan aktivitas yangberat secara terus menerus dalam waktu relatiflama. 
  • Meningkatkan fleksibelitas, yaitu; rentang gerakdalam persendian yang diperlukan untukmenghasilkan gerakan yang efisien danmengurangi cidera. 
2. Aspek neuromuskuler 

  • Meningkatkan keharmonisan antara fungsi sarafdan otot. 
  • Mengembangkan keterampilan lokomotor, seperti;berjalan, berlari, melompat, meloncat, meluncur,melangkah, mendorong, menderap/mencongklang,bergulir, dan menarik. 
  • Mengembangkan keterampilan non-lokomotor,seperti; mengayun, melenggok, meliuk, bergoyang,meregang, menekuk, menggantung, membongkok. 
  • Mengembangkan keterampilan dasar manipulatif,seperti; memukul, menendang, menangkap,berhenti, melempar, mengubah arah, memantulkan,bergulir, memvoli. 
  • Mengembangkan faktor-faktor gerak, seperti;ketepatan, irama, rasa gerak, power, waktu reaksi,kelincahan. 
  • Mengembangkan keterampilan olahraga, seperti;sepak bola, soft ball, bola voli, bola basket,baseball, atletik, tenis, beladiri dan lain sebagainya. 
  • Mengembangkan keterampilan rekreasi, seperti,menjelajah, mendaki, berkemah, berenang danlainnya. 
3. Aspek perseptual 


  • Mengembangkan kemampuan menerima danmembedakan isyarat. 
  • Mengembangkan hubungan-hubungan yangberkaitan dengan tempat atau ruang, yaitukemampuan mengenali objek yang berada di:depan, belakang, bawah, sebelah kanan atausebelah kiri dari dirinya. 
  • Mengembangkan koordinasi gerak visual, yaitu;kemampuan mengkoordinasikan pandangandengan keterampilan gerak yang melibatkantangan, tubuh, dan atau kaki. 
  • Mengembangkan keseimbangan tubuh (statis,dinamis), yaitu; kemampuan mempertahankankeseimbangan statis dan dinamis. 
  • Mengembangkan dominansi (dominancy), yaitu;konsistensi dalam menggunakan tangan atau kakikanan/kiri dalam melempar atau menendang. 
  • Mengembangkan lateralitas (laterality), yaitu;kemampuan membedakan antara sisi kanan atausisi kiri tubuh dan diantara bagian dalam kananatau kiri tubuhnya sendiri. 
  • Mengembangkan image tubuh (body image), yaitukesadaran bagian tubuh atau seluruh tubuh danhubungannya dengan tempat atau ruang.
4. Aspek kognitif 

  • Mengembangkan kemampuan menggali,menemukan sesuatu, memahami, memperolehpengetahuan dan membuat keputusan. 
  • Meningkatkan pengetahuan peraturan permainan,keselamatan, dan etika. 
  • Mengembangkan kemampuan penggunaan strategidan teknik yang terlibat dalam aktivitas yangterorganisasi. 
  • Meningkatkan pengetahuan bagaimana fungsitubuh dan hubungannya dengan aktivitas jasmani. 
  • Menghargai kinerja tubuh; penggunaanpertimbangan yang berhubungan dengan jarak,waktu, tempat, bentuk, kecepatan, dan arah yangdigunakan dalam mengimplementasikan aktivitasdan dirinya. 
  • Meningkatkan pemahaman tentang memecahkanproblem-problem perkembangan melalui gerakan. 
5. Aspek sosial 
  • Menyesuaikan diri dengan orang lain danlingkungan dimana berada. 
  • Mengembangkan kemampuan membuatpertimbangan dan keputusan dalam situasikelompok. 
  • Belajar berkomunikasi dengan orang lain. 
  • Mengembangkan kemampuan bertukar pikiran danmengevaluasi ide dalam kelompok. 
  • Mengembangkan kepribadian, sikap, dan nilai agardapat berfungsi sebagai anggota masyarakat. 
  • Mengembangkan rasa memiliki dan rasa diterimadi masyarakat. 
  • Mengembangkan sifat-sifat kepribadian yangpositif. 
  • Belajar menggunakan waktu luang yangkonstruktif. 
  • Mengembangkan sikap yang mencerminkankarakter moral yang baik. 
6. Aspek emosional 
  • Mengembangkan respon yang sehat terhadapaktivitas jasmani. 
  • Mengembangkan reaksi yang positif sebagaipenonton. 
  • Melepas ketegangan melalui aktivitas fisik yangtepat. 
  • Memberikan saluran untuk mengekspresikan diridan kreativitas. 
  •  Menghargai pengalaman estetika dari berbagaiaktivitas yang relevan.
6 Fungsi Pendidikan Jasmani Yang Perlu di Ketahui

Load disqus comments

0 komentar