8 Olahraga Untuk Persiapan Naik Gunung

8 Olahraga Untuk Persiapan Naik Gunung (image : infopendaki.com)

Hicking atau biasa dikenal dengan naik gunung merupakan kegiatan yang cukup dibilang ekstrim untuk dilakukan. Namun, semua itu tergantung dari medan yang ditempuh untuk mencapai puncak gunung dan di situlah rasa capek, lelah, serta penat saat mendaki akan terbayar oleh pemandangan yang dapat dilihat dari puncak gunung. Mendaki gunung sampai ke puncaknya menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi pendaki gunung.

Namun, sebelum melakukan hiking atau pendakian sudah semestinya mempersiapkan semua perlatan dan perlengkapan sebelumnya. Seperti tenda, jaket, pakaian, sepatu, obat – obatan, dll. Selain itu yang terpenting adalah mempersiapkan fisik agar kuat saat melakukan hiking sampai ke puncak gunung. Nah, apa saja sih persiapan fisik yang harus dilakukan sebelum melakukan kegiatan ini? Nah, berikut ini jawabnya

1. Jogging atau lari-lari kecil

Jogging atau lari-lari kecil adalah olahraga kardio yang paling sederhana dan penting untuk dilakukan.Mengapa penting karenajogging ini dapat memperkuat otot kakimu, sehingga nantinya saat mendaki gunung, kakimu nggak akan mudah merasa lelah. Kalau otot kakimu nggak dilatih, bisa-bisa baru berjalan 1 jam saja kakimu sudah nggak kuat.

Setidaknya selama 1 bulan sebelum pendakian, kamu sudah harus mulai rutinjoggingsetiap hari. Waktunya bebas, bisa pagi atau sore hari. Tapi, jarak lari yang kamu tempuh harus bertambah setiap harinya. Kalau hari ini hanya kuat 500m saja, besoknya kamu harus berani mencoba lari dengan jarak 800m. Begitu seterusnya sampai kakimu terbiasa dan otot kakimu terasa lebih kencang.

2. Bersepeda
Untuk kamu yang memiliki sepeda, olahraga kardio bisa kamu variasikan dengan menggunakan alat transportasi kayuh ini. Misalnya, setiap 4 hari sekali,gantilah rutinitasjogging-mu itu dengan bersepeda.

Sebagai awalan, kamu bisa hanya berputar-putar kompleks rumah atau lapangan kampus saja. Tapi di sesi berikutnya, kamu perlu untuk mencari rute yang menanjak. Ini bertujuan untuk menguatkan otot kaki dan membiasakan dirimu melewati jalan tanjakan karena untuk bisa ke puncak gunung, kamu perlu menanjak ‘kan?

3. Latihan Step Up atau Naik Turun Tangga
Poin penting saat mendaki dan menuruni gunung nggak hanya ada pada kekuatan otot kaki dan staminamu saja, lho. Kemantapan kaki untuk menapak pada jalanan, baik yang tanah, batu, atau pasir, juga perlu untuk kamu miliki. Dengan kemantapan ini, apapun medannya, jalanmu nggak akan mudah goyah.

4. Latihan Squat Jump
Squat Jump (image : seputarfitnes.com)

Selain dengan gerakan naik-turun tangga, kekuatan otot paha dan kemantapan langkah kakimu juga bisa dilatih dengan melakukansquat jumps. Kira-kira lakukan lompatan selama 5 x 30 detik setiap harinya setelahjogging dan kamu akan mendapatkan otot pahayang lebih kuat dari sebelumnya.

5. Latihan Push Up

Push UP (image : eatdrinkandbeskinny.com)


Mendaki gunung yang jalannya miring dan menanjak, nggak akan bisa kamu lakukan hanya bermodalkan kekuatan otot kaki saja. Kekuatan otot tangan juga perlu dilatih untuk menyeimbangkan diri dan membantu merangkak atau memanjat saat jalan menuju puncak begitu menukik juga terjal.

Latihan push-up secara rutin setiap hari bisa menjadi salah satu alternatif untuk menguatkan otot tanganmu. Nggak perlu banyak-banyak, cukup 10 x 10 hitungan saja setiap habisjogging atau bersepeda. Mulai saja dengan gerakan naik-turun secara perlahan kalau masih merasa berat. Nantinya kalau sudah terbiasa, gerakanmu akan semakin cepat, kok.

6. Latihan Back Up
Back Up ( image : www.netfit.co.uk)

Untuk membawa keril atau ransel yang penuh dengan barang persediaan, tentunya kamu perlu memiliki punggung yang kokoh.Jogging,push-up, dan bersepeda saja nggak akan bisa untuk melatih otot punggungmu. Perlu ada latihan tambahan, sepertiback-up ini.

7. Senam
Senam (image : primaoutbound.com)

Senam cuma buat ibu-ibu saja? Wah, kamu salah. Senam dengan gerakan-gerakannya yang enerjik ini ternyata juga bisa melatih sistem pernapasanmu, lho. Sangat berguna dan patut untuk dilakukan sebagai latihan sebelum kamu mendaki gunung.

Untuk yang cewek, kamu bisa ikut kelas senam aerobik setiap 3 hari sekali supaya pernapasanmu bisa menjadi lebih teratur. Untuk yang cowok, cari saja video senam di YouTube, lalu praktikan deh setiap 3 hari sekali di dalam kamar.

8. Renang
Renang (image : www.wikiwand.com )

Berenanglah secara rutin 2 kali dalam seminggu, misalnya setiap hari Sabtu dan Minggu. Lakukan minimal 1 bulan sebelum pendakian dan kamu pasti bisa merasakan perbedaan yang baik dari tubuhmu juga pernapasanmu.


Lumayan banyak ya persiapan naik gunungnya, tapi semuanya akan terbayar dengan apa yang akan kita nikmati di puncak tertinggi dengan suguhan Maha Karya Tuhan Yang Maha Kuasa. Semoga bermanfaat ya tipsnya jangan lupa di share.



Load disqus comments

0 komentar