4 Tips Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

Dehidrasi rentan menyerang saat puasa. Jika dibiarkan, dehidrasi dapat membuat tubuh lemas, kurang konsentrasi, mengantuk bahkan dapat membahayakan nyawa.

Selama puasa, tubuh tak mendapat asupan cairan selama lebih dari 12 jam. Padahal meski tak minum selama lebih dari 12 jam, dehidrasi tetap bisa dicegah lho. Bagaimana caranya?

berikut 4 Tips Mencegah Dehidrasi Saat Puasa :

1. Atur asupan cairan

Setiap orang dianjurkan untuk meminum 8 gelas air putih per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan. Saat puasa, aturan 8 gelas juga masih berlaku, namun tentunya dengan sedikit penyesuaian.

Caranya, minum 2 gelas air putih saat sahur, 2 gelas saat berbuka puasa, 2 gelas saat makan malam dan 2 gelas sebelum tidur.

2. Hindari aktivitas luar ruangan

Salah satu penyebab terjadinya dehidrasi adalah cairan tubuh yang hilang karena panas sinar matahari. Untuk mencegahnya, sebaiknya kurangi aktivitas di luar ruangan.

Selain itu, gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Usahakan juga untuk tidak berada di bawah terik sinar matahari selama lebih dari 2 jam.

4 Tips Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

3. Buah dan sayur

Menu makanan saat berbuka puasa dan sahur sangat penting untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Asupan sayur dan buah, terutama saat sahur, mengandung banyak serat yang dapat menahan cairan tubuh lebih lama.

Selain itu buah seperti semangka, melon dan pepaya juga cocok dijadikan menu berbuka puasa karena segar dan manis.

4. Jangan rakus

Saat buka puasa, orang cenderung makan lebih banyak karena merasa lapar. Padahal menurut pakar, rasa lapar yang muncul belum tentu karena kekurangan makanan.

Bisa jadi, rasa lapar yang muncul malah karena tubuh kekurangan cairan. Karena itu, hindari makan berlebih saat berbuka agar tubuh dapat memperoleh asupan cairan yang cukup.
Load disqus comments

0 komentar