Teknik Dasar Permainan Bolavoli

Teknik dasar permainan bolavoli meliputi : (1) servis; (2) passing; (3) umpan/set-up; (4) smash/spike; (5) bendungan/block.
Servis bolavoli 
Servis adalah tanda saat dimulainya permainan dan juga merupakan serangan awal bagi regu yang melakukan servis. Servis dapat dilakukan dengan tangan dari bawah yang disebut dengan istilah servis tangan bawah atau dilakukan dengan tangan dari atas yang dikenal dengan istilah servis tangan atas. 

Servis bawah bolavoli
Sikap permulaan Berdiri di daerah servis dengan kaki kiri di depan (bagi mereka yang tidak kidal). Pegang bola dengan tangan kiri di depan samping pingga, tangan kanan menggenggam atau telapak tangan boleh juga terbuka, lutut agak sedikit ditekuk berat badan di tengah. 
Gerak Pelaksanaan Bola dilambungkan ke atas kira-kira 60 s/d 100 cm, atau hanya sekedar dilepas, tangan kanan sebagai tangan pemukul diayunkan ke belakang jauh, dengan siku lurus, kemudian dengan cepat tangan diayunkan ke belakang. 
Gerakan Lanjutan
 
Servis bawah bolavoli
Sikap Permulaan Berdiri di daerah servis, kaki kiri sedikit di depan bagi yang tidak kidal dan bagi yang kidal sebaliknya. Lutut sedikit ditekuk dengan tangan kiri memegang bola dan tangan kanan memegang bagian atas bola. 
Sikap Pelaksanaan Bola dilambungkan bersamaan dengan itu tangan kanan tarik ke atas belakang, kemudian tangan kanan memukul bola yang berada di atas depan kepala setinggi raihan tangan kanan. Saat memukul tangan kanan meraup seperti menaungi bola. 
Gerak Lanjutan  Setelah memukul bola diikuti dengan memindahkan berat badan ke depan dan gerak langkah kaki ke depan segera masuk ke lapangan permainan mengambil sikap siap normal. 

Passing bolavoli
Passing adalah upaya seseorang pemain bolavoli dengan cara menggunakan suatu gerakan teknik tertentu yang tujuannya untuk mengoper bola kepada teman seregunya untuk memainkan bola di lapangan sendiri, sebagai langkah awal untuk menyusun pola serangan kepada lawan.

Pasing bawah bolavoli
Sikap Permulaan;  Ambil sikap siap normal dalam posisi, yaitu kedua lutut ditekuk dengan badan sedikit dibungkukkan ke depan, berat badan bertumpu pada kedua kaki, sikap sedikit jongkok sambil kaki dibuka kedua tangan rapat dan berjulur lurus, sikap tubuh merendah, dengan kedua lengan bawah seperti mengangkat, kedua tangan saling terkait. 
Gerakan Pelaksanaan  Ayunkan kedua lengan ke arah bola, dengan sumbu gerak pada sendi bahu, dan siku benar-benar dalam keadaan lurus. Perkenaan bola pada lengan bawah di atas pergelangan tangan di bawah siku, lengan diayunkan dan diangkat untuk mengarah bola.
Gerakan Lanjutan  Setelah ayunan lengan mengenai bola, kembali mengambil sikap siap normal.

Passing Atas bolavoli
Sikap Permulaan :  Posisi tiap normal, yaitu kedua kaki merenggang berat badan pada kedua kaki, lutut ditekuk merendah, jari-jari tangan terbuka lebar membentuk cekungan setengah bola. 
Gerakan Pelaksanaan  Pada saat bola di atas depan dahi, lengan diluruskan gerakan eksplosif untuk mendorong bola, pada waktu perkenaan dengan bola jari-jari agar ditegangkan, dan diikuti dengan gerakan pergelangan tangan agar dapat mengarahkan sesuai dengan kehendak pemain. 
Gerakan Lanjutan  Setelah bola memantul dengan baik lanjutkan dengan luruskan tangan ke depan atas sebagai satu gerakan lanjutan dan bersiap kembali ke posisi normal.

Smash bolavoli
Smash adalah pukulan utama dalam penyerangan dalam rangka usaha untuk mencari kemenangan, dengan cara memukul bola menukik kearah lawan.
Sikap Permulaan   Berdiri siap loncat dengan jarak renggang dari arah net
Gerakan Pelaksanaan   Langkahkan kaki ke depan kemudian diikuti dengan tolakan dengan bertumpu paa kedua ujung telapak kaki dan kedua lutut ditekuk, badan sedikit condong ke depan, tangan disamping kepala berfungsi sebagai keseimbangan tubuh saat di udara. Begitu pola berada di dekat smasher, maka segera memukul secepatnya kea rah yang dikehendaki.
Gerakan lanjutan  Setelah memukul bola, tangan ditarik kembali pada posisi semula, bersamaan mendarat kembali bertumpu pada kedua kaki dan kaki lentur. 

Block (bendungan) bolavoli
Block merupakan data upaya untuk menahan bola yang dipukul lawan di dekat net, agar serangan lawan dapat dipatahkan. 
Sikap Permulaan  Berdiri di depan jarring, kedua kaki sejajar, lutut ditekuk kedua tangan siap di depan dada, jari-jari renggang, pandangan mata mengamati arah bola dan mengamati smasher lawan. 
Sikap Pelaksanaan  Meloncat dengan menjulurkan tangan ke arah datangnya bola tangan membendung bola yang dipukul lawan. 
Sikap Lanjutan   Setelah membendung bola kedua tangan ditarik kembali ke posisi awal, mendarat dengan kedua kaki lentur dan mengambil sikap siap normal.  

Load disqus comments

0 komentar