Hakikat Kemampuan Gerak Dasar

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kemampuan berasal dari katamampu yang artinya kuasa atau bisa. Kemampuan juga berarti jugakesanggupan atau kecakapan seseorang dalam melakukan sesuatu.Kemampuan gerak atau kemampuan motorik adalah kapasitasseseorang yang berkaitan dengan pelaksanaan dan peragaan suatuketerampilan yang relative melekat setelah masa kanak – kanak, Rusli Lutan(1988: 96).Menurut Sukintaka (1991: 24) dengan bermain, gerak dasar anak akanberkembang, perkembangan tersbut harus ditunjang dengan dikembangkanketeramilan geraknya dan meningkatkan kemampuan tekniknya.Menurut Edward Rahantoknam (1988: 123) secara umum kecakapan motorikdibagi dalam lima kecapakan, diantaranya sebagai berikut :
  1. Daya Ledak dan Daya Tahan Otot, Kekuatan (strength) berkaitan dengan kontraksi otot, kemampuankontraksi otot dibedakan dari sumber energy yang digunakan untukberkontraksi diantaranya; kontraksi dalam waktu singkat (anaerobik)terjadi dalam ketidakadaan oksigen dan kontraksi dalam waktu lama(aerobik) terjadi dalam memerlukan oksigen.
  2. Fleksibilitas, Corbin dan Noble, (dalam Edward Rahantoknam 1989: 125)mendefinisikan fleksibilitas merupakan rentangan gerak pada satu atau sekelompok persendian. Setiap keterampilan memerlukan fleksibilitasyang berbeda – beda, namun program pengembangan diperlukan secaraumum.
  3. Keseimbangan, Keseimbangan (balance) dibagi dalam dua tipe keseimbangan, yaitukeseimbangan statis dan keseimbangan dinamis. Keseimbangan statismerupakan kecakapan untuk mepertahankan keseimbangan badan dalamposisi diam, sedangkan keseimbangan dinamis merupakan kecapakanuntuk menjaga keseimbangan dalam posisi bergerak. 
  4. Koordinasi, Menurut Fleishman, (dalam Edward Rahantoknam 1989: 128) faktorkoordinasi yang kompleks dan khusus dapat mencakup suatu kecakapanterpadu, yaitu kecakapan awal belajar sangat bergantung pada kecakapandasar.
  5. Relaksasi yang Berbeda, Menurut Steinhaus, (dalam Edward Rahantoknam 1989: 123) relaksasimerupakan “kecakapan neuromuskuler yang berdasarkan penurunantegangan otot rangka’’. 
Hakikat Kemampuan Gerak Dasar

Menurut sukintaka (1991: 24) kemampuan gerak dalam olahragasecara tidak langsung berdampak pada sikap gerak sehari-hari dan seoranganak yang mempunyai gerak dasar yang baik akan meningkatkan fungsiorgan tubuh dalam melakukan tugas-tugas gerak

Menurut sukintaka (1991: 17) jenis dasar gerak dibedakan menjaditiga jenis, ketiga jenis gerak ini saling berkaitan atau saling menunjang jenisgerak tebsebut adalah; 
  1. Gerak Lokomotor, Gerak lokomotor meliputi; Jalan, lari loncat dan lompat, danjengket. Gerak kombinasi: bercongklang (“gallop”), meluncur,menggeser kekanan atau kekiri, memanjat dan berguling.
  2. Gerak Nirlokomotor, Gerak Nirlokomotor meliput; Mengulur, menekuk, mengayun,bergoyang, berbelok, berputar, meliuk mendorong, mengangkatdan mendarat.
  3. Gerak Manipulatif, Gerak manipulatif meliputi; Mendorong, memukul, memantul,melempar, menyepak, dan mengguling. Menerima, menangkap danmenghentikan
Load disqus comments

0 komentar