Latihan Sepakbola Lebih Menyenangkan dengan Small Sided Games

Small Sided Games merupakan salah satu bentuk latihan sepakbola yang sedang berkembang pada saat ini. Small sided games adalah suatu bentuk latihan permainan sepakbola dengan jumlah pemain disesuaikan dengan luas grid yang digunakan (WCCYCL, 2003: 1). Ukuran maksimal grid yang digunakan 30 x 40 yards atau 27,522 X 36,697 meter.
Iwan Setyawan (2004: 6) mengemukakan latihan Small Sided Games adalah suatu bentuk latihan sepakbola menggunakan lapangan yang lebih kecil dengan pemain yang lebih sedikit. Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari latihan Small Sided Games, yaitu: (1) Sentuhan terhadap bola lebih banyak, (2) Lebih disenangi pemain karena berbasis game, (3) Durasi permainan lebih lama, (4) Dapat meningkatkan keterampilan, (5) Keterlibatan pemain dalam permainan lebih banyak, dan (6) Banyak memainkan taktik bertahan dan menyerang. 
Tom Godman (2003: 2) mengemukakan beberapa alasan mengapa latihan dengan Small Sided Games perlu dikembangkan sebagai berikut: (1) Dengan lebih banyak sentuhan dengan bola, keterampilan akan meningkat, (2) Tenaga yang digunakan akan lebih efisien, (3) akan mendapatkan kesempatan bermain bola lebih, (4) Kesempatan mencetak gol lebih banyak, dan (5) Mengembangkan mental bertanding menjadi lebih kuat. 
Small sided games sangat bermanfaat bagi partisipan, banyak penelitian dan observasi telah dilakukan untuk menunjukkan bahwa anakanak mendapat kesenangan dan belajar lebih banyak dari bermain dalam small sided games dengan aturan yang disesuaikan. Data statistik mendukung keunggulan small sided games dibandingkan dengan permainan11 vs 11 (Grassroots FIFA, translate by Guntur utomo 2009 : 64). Beberapa data statistik menunjukkan bahwa : 
  1. Para pemain menyentuh bola lima kali lebih sering 4 v 4 dan 50% lebih banyak dalam 7 v 7.
  2. Para pemain 3 kali lebih sering berada dalam situasi 1 lawan 1 dalam permainan 4 v 4 dan dua kali lebih sering dalam 7 v 7. 
  3. Gol tercetak rata-rata setiap dua menit dalam 4 v 4 dan setiap 4 menit dalam 7 v 7.
  4. Penjaga gawang terlibat dalam aksi dua hingga 4 kali lebih sering dalam permainan 7 v 7 dibandingkan 11 v 11. 
  5. Bola keluar lapangan 8% dari total waktu dalam 4 v 4, 14% dalam 7 v 7 dan 34% dalam 11 v 11.  
Latihan Sepakbola Lebih Menyenangkan dengan Small Sided Games

Untuk dapat menerapkan latihan small sided games diperlukan pemahaman mengenai dosis yang akan diberikan. Adapun dosis latihan untuk setiap kelompok umur, lama latihan, dan jumlah set menurut WCCYCL (2003: 11) sebagai berikut:
Dari tabel diatas, dosis latihan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pada kelompok umur 20 tahun ke atas. Durasi latihan untuk setiap set dalam latihan small sided games adalah 4 menit dengan jumlah set antara 9 – 10 set dan recovery untuk setiap set adalah 6 menit. 
Menurut Ganesha Putera (2004: 12) latihan small sided games merupakan suatu latihan yang berkembang, dengan menyajikan situasi permainan yang membuat pemain mendapatkan penguasaan aspek teknik, taktik, dan fisik sekaligus. Latihan small sided games lebih banyak menerapkan langsung latihan fisik, teknik, dan taktik dalam sebuah permainan (games), yang berarti pemain dituntut untuk menghadapi tekanan seolah-olah dalam situasi permainan yang sesungguhnya. 
Small sided games adalah adalah permainan sepak bola dengan pemain lebih sedikit bersaing di lapangan berukuran kecil. Ini adalah permainan menyenangkan yang melibatkan pemain lebih karena pemain sedikit berbagi satu bola. Segala usia bisa bermain "small sided games", tetapi memiliki dampak pembangunan pasti pada pemain sepakbola (WCCYCL, 2003: 2). 
Penerapan latihan small sided games dalam proses latihan keterampilan dipandang mampu memberikan peningkatan penguasaan latihan yang lebih efektif, karena dengan menggunakan kotak-kotak latihan yang berukuran kecil, dan dilakukan oleh beberapa pemain akan mudah diawasi oleh pelatih. Small sided games juga merupakan suatu latihan yang menyenangkan untuk olahraga permainan dengan pemanfaatan latihan fisik dan teknik dalam bentuk permainan dengan ukuran lapangan yang diperkecil dengan jumlah pemain yang dibatasi pada ukuran tersebut. Bentuk dan ukuran lapangan didesain pada ukuran tertentu, dan pemain yang terlibat dalam jumlah tertentu, sehingga pelatih akan mampu melihat, mengobservasi dan memberikan koreksi atau evaluasi secara detail terhadap kesalahan yang terjadi.  
Load disqus comments

0 komentar