Bolavoli Mini Untuk Anak Umur 9 - 12 Tahun

Bolavoli adalah permainan yang sederhana tapi susah dipelajari. Oleh karenanya kita perlu menyesuaikan cara mengajar bagi para pemula. Bolavoli mini menyajikan sejenis bolavoli yang diselaraskan dengan kebutuhan dan kapasitas anak-anak usia 9 sampai 12 tahun sejalan dengan prinsip mengajar yang baik. Bila anak-anak mempelajari teknik bolavoli, mereka membutuhkan praktek yang sering. Dalam permainan 6 orang jumlah sentuhan bola selama bermain bagi setiap anak tidak akan mencukupi demi pengembangan yang pesat. Tingkat ketrampilan dan kemampuan fisik pada tahap awal belajar bolavoli tidaklah cukupmemadai untuk bisa melangsungkan satu pertandingan. Bola rally akan cepat mati dan para pemainnya pun jadi bosan. 
Bolavoli mini adalah cara terbaik untuk mempelajari ketrampilan dasar. Dengan cara ini tiap pemain lebih banyak menyentuh bola dan ukuran tempat bermain lebih kecil selaras bagi dasar ketrampilan ini. Anak-anak ukurang dari 12 tahun dapat ikut bermain voli. Dengan ikut bermain mreka akan mendapat kesempatan untuk mengembangkan pehatiannya pada olahraga itu kendati nilai pedagogis yang akan membimbingnya untuk menemukan dan menghargai bolavoli biasa dan mereka akan menyukainya seumur hidupnya baik sebagai pemain maupun penonton. Dengan bermain bolavoli mini anak-anak akan dapat ikut serta dalam bolavoli biasa dengan prasyarat mekanis yang optimal sehingga mencakup keseluruhan rangkaian gerak dan reaksi. Anak-anak cepat memahami teknik dan taktik elementer bolavoli. Mereka memperoleh kemampuan pokok bagi olahraga seperti: ketangkasan, ketrampilan, kemampuan melompat, tanggapan yang cepat serta mereka bisa mempelajari itu semua sewaktu mereka memainkannya
Federaton Internationale deVolley-Ball (FIVB) atau Persatuan Bolavoli Internasianol telah membuat suatu peraturan resmi bolavoli mini yang didasarkan pada jalinan pengalaman, penyelidikan dan penerbitan ilmiah dari berbagai negara. Komisi Coach FIVB menasihatkan agar seluruh federasi nasional mentrapkan peraturan tersebut. Perubahan berdasarkan kreteria nasional diperbolehkan. Umumnya peraturan bolavoli mini sama dengan peraturan bolavoli biasa, hanya terdapat beberapa hal yang ditrapkan demi kebutuhan dan kemampuan para pemula muda, maka peraturan bolavoli mini disederhanakan. Bolavoli mini bukan hanya dipergunakan sebagai perkenalan pada bolavoli bagi para pemula muda, tapi juga cocok untuk para pemula dewasa (dengan sedikit perubahan pada peraturannya, umpamanya mengenai tinggi net). Banyak pula dipakai sebagai permainan rekreasi dan untuk latihan para pemain top Memvoli bola dalam permainan Bolavoli mini berarti memantulkan atau memainkan bola di udara dengan tujuan mengarahkan bola jatuh di lapangan lawan dengan secepat mungkin. Memainkan bola dilakukan dengan sentuhan atau perkenaan pada bagian badan. Bagian badan yang boleh untuk memainkan bola sesuai aturan PBVSI yang berlaku sebelum Tahun 1995, adalah bagian badan lutut ke atas. Namun, peraturan setelah Tahun 1995 memperbolehkan seluruh bagian badan dapat memainkan bola, dengan syarat pantulan bola saat perkenaan bola bersih dan sempurna sesuai peraturan yang telah di tetapkan.
Menurut Sri Mawarti (2009 : 70-71) dalam jurnal pendidikan jasmani indonesia menyatakan bahwa permainan bolavoli mini merupakan sebuah permainan bolavoli yang diperuntukkan kepada anak sekolah dasar, atau yang setara dengannya. Pemain utama dalam permainan ini adalah 4 orang dan pemain cadangan 2 orang umur maksimal 12 tahun. Dengan ukuran lapangan sebagai berikut : 
  1. Panjang lapangan 12 meter 
  2. Lebar lapangan 6 meter 
  3. Tinggi nek untuk 2.10 meter 
  4. Tinggi net putri 2.00 meter 
  5. Panjang net 7 meter dan lebar 90 cm 
  6. Bola yang digunakan adalah nomor 4 
Sedangkan dalam buku penjasakes kelas IV dijelaskan bahwa permainan bolavoli mini merupakan bentuk modifikas dari bentuk permainan bolavoli biasa. Peraturan dan lapangan yang dipergunakan relatif lebih sederhana dan kecil
Bolavoli Mini Untuk Anak Umur 9 - 12 Tahun


Load disqus comments

0 komentar